Pilkades Dikemas seperti Pilkada

SANGATTA – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Singa Gembara, Kecematan Sangatta Utara, akan dilaksanakan 13 Maret mendatang. Pelaksanaannya dikemas mirip dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Sebanyak 10 calon yang akan bertarung untuk memperebutkan posisi kepala desa.

Sedangkan warga Singa Gembara yang memiliki hak pilih tercatat 6 ribu lebih. Mereka akan menyalurkan hak pilihnya di empat TPS yang disediakan. Ketua Panitia Pilkades Hasdarwan mengatakan, 10 calon kepala desa yang akan bertarung sudah melalui seleksi yang ketat.

“Mereka juga sudah menyampaikan visi dan misi di hadapan warga dan tokoh masyarakat. Anggota DPRD Kutim David Ranthe juga hadir dalam forum itu,” kata Hasdarwan,

Pilkades Singa Gembara ini dilaksanakan layaknya Pilkada. untuk menyalurkan hak pilihnya, warga yang sudah terdaftar mendapatkan undangan untuk datang ke TPS. Ada sebanyak 4 TPS yang akan disiapkan panitia. “Warga yang terdaftar dan mendapatkan undnagan dipersilakan datang dan menyalurkan suaranya,” tambah Hasdarwan.

Sedangkan 10calon kepala desa Singa Gembara yang akan dipilih masing-masing Muhammad Jaya Umar, Daniel Baan Basongan, Yohanis Toding Datu. Berikut Kasminto, HEM Badrin, Lukas Parinding, David Tonglolangi. Kemudian Ganna Nasaruddin, Gad Barung Saribunga dam Jarsoni.

Sayangnya, pelaksanaan Pilkades Singa Gembara masih terkendala minimnya dana yang tersedia. Melalui alokasi dana desa (ADD) baru tersedia dana Rp 25 juta. Sementara, panitia memperkirakan kebutuhan dana mencapai Rp 100 juta. Sejumlah proposal yang disampaikan ke sejumlah perusahaan yang berlokasi di Desa Singa Gembara hasilnya juga belum menggembirakan, bahkan cenderung nihil.

“Kita berharap bantuan dana dari perusahaan yang berlokasi di Singa Gembara. Kami juga minta bantuan dari anggota DPRD Kutim yang tinggal di Desa Singa Gembara,” pungkas Hasdarwan.

0 Responses to “Pilkades Dikemas seperti Pilkada”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: